Cara Membimbing Anak Masuk Gontor

22.59 1 Comments A+ a-

Berbagi Pengalaman Membimbing Anak Masuk Pondok Modern Gontor Ponorogo

Awal pelajaran, bunda masih rajin membantu putranya.[caption]
Mendidik anak memiliki pengetahuan dan ahlaq sesuai tuntunan syariat Islam di era sekarang memanglah tidak mudah, butuh kesungguhan orang tua dan kesabaran extra dari seluruh pendukung pendidikan anak-anak. Termasuk didalamnya memilih lembaga pendidikan yang betul-betul mengarahkan anak ke karakter Islam dan menjadikannya agama sebagai way of life  dikemudian hari.

Sebagai orang tua, butuh keseriusan tinggi dan benar-benar extra kesungguhan, termasuk menjadikan Pondok Modern Darus Salam Gontor sebagai pilihan utama adalah perkara yang gampang-gampang susah. Akan tetapi bila tahu caranya, insyaallah akan lebih dipermudah dan berjalan sesuai cita-cita kita sebagai orang tua menjadikan anak-anak kita anak sholeh dan sholehah.
Foto Istimewa : Forum orang tua santri di Kab. Jember.

Memasukkan putra atau putri kita ke pondok bagi sebagian orang jadi susah susah gampang.Terlebih bila orang tua tidak punya pengalaman mengenyam pendidikan di pondok baik modern ataupun pondok salafi. Nah perihal membimbing anak masuk gontor menjadi pilihan topik artikel ini dalam rangka membantu orang tua yang ingin anaknya dimasukkan ke pondok sedini mungkin untuk mempersiapkan putra atau putrinya.

Mempersiapkan Anak-Anak Sejak Dini

Mempersiapkan anak-anak masuk Gontor perlu disiapkan dari sejak dini khususnya persiapan IMPIAN dan CITA-CITA orang tua, karena orang tua nantik nya yang akan mengarahkan anak-anak mereka dimana dan kemana arah hidup putra putrinya kelak akan dibawa.

Keinginan orang tua dan impian kuat orang tua mengambil peranan penting, baru setelah tekad orang tua, maka akan diikuti arah berfikir orang kemana anak-anak kita sekolahkan. Bila anda memiliki cita-cita atau impian anak-anak yang sholeh dan sholeh maka pelihan dimana anak kita titipkan pendidikannya sekaligus mempengaruhi arah pemikiran kemana anaknya kelak akan dibawa.

Saya sendiri mempunyai pengalaman membimbing anak masuk Gontor tidak terlalu rumit karena sejak dahulu dalam buku IMPIAN saya telah saya cantumkan bahwa kelak bila punya anak akan di masukkan ke Pondok Modern Darussalam Gontor. Sejak membina keluarga dan diberi amanah putra dan putri saya bertekad mareka harus hidup dilingkungan yang agamis sehingga saya pikirkan sekolah SD swasta yang kandungan pelajaran agamanya lebih dari 75% dan memiliki kegiatan keagamaan minimal ketika sholat dhuhur atau ashar berjamaah di sekolahnya, alhamdulillah mendapatkan sebuah sekolah SD Islam yang berjarak dari tempat tinggal kami jauhnya kurang lebih 8 KM.

Memilih Sekolah Dasar, Adalah Kunci Suksesnya

Membimbing anak Masuk Gontor diawali dengan memilih sekolah dasar yang tepat. Sekolah dasar yang tepat meliputi kandungan pelajarannya, kegiatan ektranya dan pergaulan anak-anak dalam lingkungan sekolah. Sekolah dasar menjadi pondasi kesuksesan anak kita masuk Pondok Modern Darussalam Gontor.DI sekolah dasar yang memiliki karakter agama yang kuat, akan membawa anak-anak kelingkungan anak-ana dan orang tua yang berkarakter agamis seperti keinginan anda.Saat pergaulan dengan temannya ini menjadi penentu kemana arah anak-anak melanjutkan pendidikannya.

Pilihkan Teman Dekat Yang Memiliki Tujuan Sama Masuk Gontor

Teman dan lingkungan pergaulan anak sangat mempengaruhi pada cara hidup dan keputusan anak-anak untuk masuk ke pondok, khususnya ke pondok Gontor. Anak kami masuk ke Gontor setelah memiliki teman di sekolahnya yang punya keinginan mondok walaupun waktu itu pilihannya belum pasti ke pondok mana, akan tetapi dengan berteman dengan anak lain yg memiliki keinginan mondok menjadi nilai pengaruhbyang amat tinggi.

Ikutkan Anak Kursus Persiapan Masuk Gontor

Pondok Modern Gontor Ponorogo sebagai lembaga pendidikan yang memiliki usia 90 tahun, tentu telah banyak menghasilkan alumni-alumni yang handal dan berprofesi sebagai pendidik. Dari ribuan alumni santri banyak yang bersedia menjadi pembimbing calon-calon santri/santriwati yang akan masuk menjadi santri.Kursus masuk gontor berdasarkan pengalaman kami, sangat membantu anak-anak mempersiapkan diri baik secara keilmuan maupun mental.Menurut saya pribadi, persiapan yang paling penting adalah pesiapan mental dan mengasah kemandirian calon santri

Tumbuhkan Terus Motivasi Anak Dengan Video Gontor

Anak-anak terbentuk dari motivasi dari audiovisual atau perkataan teman denkatnya, itu pengalaman yang terjadi pada anak-anak kami, mereka awalknya mengenal dunia lain diluar kehidupan mereka dari cerita dan katanya teman, guru, tetangga dll. sehingga mereka butuh didampingi dan dibimbing membangkitkan motivasi masuk Gontor melalui video - video Gontor yang sangat banyak di youtube dan media-media sosial lainnya. Timbulkan motivasi dengan memberikan informasi santri-satri dan alumni sukses baik di pemerintahan, bisnis, karier dll. Visualisasikan kehebatan kehidupan mandiri anak-anak ponpes modern gontor dengan sering menceritakan orang-orang hebat dibalik kesuksesan pondok modern gontor.

Contoh video aktivitas Pondok Modern Darussalam Gontor

1 komentar:

Write komentar