Hobby Koleksi Barang Antik

06.55 0 Comments A+ a-

Hobby Koleksi Barang Antik Dan Cara Memulainya

Salah satu hobby yang sangat " High Class " adalah hobby koleksi barang antik. Tidak semua orang memiliki hobby ini karena anggarannya cukup besar untuk membiayai hobby yang ini. Nah bagi anda yang ingin mencoba coba hobby ini, terlebih dahulu kita informasikan apa yang di maksud dengan barang antik itu.

Pengertian Barang Antik

Barang antik (dari bahasa Latin: antiquus "tua") benda menarik yang sudah berusia tua, seperti mebel, senjata, barang seni,perabotan rumah tangga, mobil dan aneka barang seni yang tua dan memiliki keunikan tersendiri.

Manurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Arti dari barang antik adalah : barang kuno yang bernilai hasil karya, atau benda budaya. Secara umum tidak terdapat definisi umum yang dapat diterima meluas seberapa antik sebuah barang, namun barang yang berusia, barang dikatakan antik bila lebih ratusan tahun lamanya dapat disebut antik. Di Amerika Serikat, UU Cukai Smoot-Hawley 1930 mendefinisikan barang antik sebagai "karya seni (kecuali permadani dan karpet yang terbuat setelah tahun 1700), koleksi dalam ilustrasi kemajuan seni, karya dari perunggu, pualam, terakota, parian, tembikar, atau porselin, benda antik artistik dan obyek karakter ornamen maupun nilai pendidikan yang harus diproduksi sebelum tahun 1830."

Memulai Hobby Koleksi Barang Antik

Menjadi penghobby barang antik tidak terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita bisa memulai, langkah memulai bisa dimulai dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Berteman dengan kolektor dan pemburu barang antik
  2. Melakukan kajian-kajian artikel tentang barang-barang antik di dunia dan di Indonesia
  3. Menghadiri acara-acara lelang barang antik dan menjadi orang yang aktif menghadiri pameran-pameran barang antik.
  4. Mempersiapkan anggaran khusus untuk calon koleksi barang antik anda.
  5. Memiliki koleksi ciri-ciri dan sejarah dari barang antik yang akan anda koleksi
  6. Membina hubungan khusus dengan para kolektor dan kolega-kolega mereka secara aktif dan ikut dalam forum dan diskusi-diskusi mereka tentang barang antik.
  7. Bila perlu aktiflah dalam group atau forum di FACEBOOK dan sosial media lainnya yang membahas soal barang antik.
Dengan 7 langkah tadi anda berarti sudah memiliki minat dan hobby menjadi kolektor barang antik akan tetapi anda belum disebut hobby barang antik bila tidak dengan nyata menyimpan dan merawat barang antik.

Hobby dan Berdagang Barang Antik

Nah sekarang apakah hobby mengkoleksi barang antik sama dengan pedagang barang antik ? Belakangan ini semakin banyak pemburu barang antik dan kolektor barang antik yang memberikan bandrol habis-habisan dengan harga super tinggi dari barang yang dikoleksinya yang sengaja di cari untuk diperdagangkan.
Hobby dan berdagang saat ini memang mulai agak samar dan kurang jelas posisinya akan tetapi bila di cermati secara pengertian hobby sendiri sebenarnya bisa dibedakan dengan jelas antara Hobby dan berdagang. Hobby bisa menjadi kegiatan diluar pekerjaan utama dan hiburan sehingga kepuasanya bukan dari hasil nilai rupiahnya. Sedangkan berdagang lebih mengarah pada kepuasan bila mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari sebuah transaksi perdagangan itu.

Akan tetapi dalam posisi hobby dan koleksi barang antik bisa berbeda makna, seseorang tidak akan memiliki kemauan merawat dan menyimpan barang antik bila tidak memiliki kesukaan yang lebih besar terhadap barang tersebut sehingga hobby dan merawat barang antik itu menjadi kelebihan dan memberikan nilai yang tak terhingga, sehingga harga dari sebuah barang menjadi lebih besar nilainya bila semakin orang itu merawatnya dan semakin sayang pada barang tersebut.

Harga Barang Antik

Menentukan berapa harga sebuah barang antik memang tidak mudah, akan tetapi dalam hal harga barang antik juga tetap mengikuti hukum pasar. Berikut ini bisa menjadi sedikit gambaran bagaimana menentukan harga sebuah barang antik :
  • Sejarah ( nilai historis) barang antik tersebut
  • Tahun pembuatan dan surat-surat resmi dari barang antik tersebut.
  • Kondisi fisik dari barang antik tersebut.
  • Jumlah dari barang antik tersebut.
  • Animo dan penawaran pasar dari barang antik.
  • Perawatan dan kredibilitas kolektor barang antik tersebut.

Cara Membeli Barang Antik

Sebagai penghobby barang antik, anda tentu tidak mau mendapatkan barang yang tak sesuai dengan selera anda, maka tehnik / cara membeli barang antik sangat penting untuk dikuasai. Secara khusus para kolektor tidak bisa memberikan acuan pasti bagaimana tehnik membeli barang antik, akan tetapi berdasarkan pengalaman mereka maka didapatkan langkah-lagkah tehnis sbb :
  • Belilah barang antik di tempat lelang barang antik
  • Bila tidak didapatkan dari tempat lelang, belilah barang di kolektor terpercaya.
  • Kuasai materi tentang barang antik yang anda inginkan dengan sering-sering ikuti berita/informasi mendalam tentang barang tersebut.
  • Temukan pembanding dan lakukan penawaran yang masuk akal.
  • Anda akan lebih aman bila membeli barang yang memiliki surat-surat resmi dan memiliki histori yang sangat jelas.
Untuk memberikan kenikmatan menekuni hobby yang satu ini, anda perlu komunitas dan kebersamaan dalam visi dan misi yang sama, tentu ini tidak menjadi beban karena ini adalah hobby anda. demikian dulu tentang hobby mengoleksi barang antik semoga, semoga bermanfaat dan anda selalu berbahagia.
Mau komunitas bisnis lain, klik disini