Kabupaten Bangkalan

14.39 0 Comments A+ a-

LETAK GEOGRAFIS KAB. BANGKALAN

Kabupaten Bangkalan merupakan kabupaten pintu awal memasuki pulau Madura dari kota pahlawan Surabaya, Bila anda berada di kota Surabaya dan hendak melanjutkan trip city tour anda tinggal menambah waktu kurang lebih 30 menit anda akan melintasi jembatan Suramadu menuju Kabupaten Bangkalan. Bila anda di kota Surabaya sekaligus ingin menikmati sejarah kota Surabaya bisa bermalam di hotel Majapahit, hotel heroik terjadinya insiden bendera 19 September 1945. Dari hotel ini anda menempuh perjalanan 34 menit ke Jembatan Suramadu dan kurang lebih 20 lagi anda sudah bisa masuk ke kota Bangkalan.
lpse kabupaten bangkalan, peta kabupaten bangkalan, bkd kabupaten bangkalan, logo kabupaten bangkalan, cpns kabupaten bangkalan, sejarah kabupaten bangkalan, peta kabupaten bangkalan madura, perda kabupaten bangkalan, kpu kabupaten bangkalan, lambang kabupaten bangkalan
Kabupaten Bangkalan terdiri atas 18 kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Bangkalan.Kabupaten Bangkalan terletak di ujung barat Pulau Madura dan berimpitan dengan Pulau Jawa, menjadikan Bangklan sebagai pintu masuk utama ke Pulau Madura.
Posisi astronomis Kabupaten Bangkalan berada pada koordinat 112 40 06 - 113 08 04 BT serta 6 51 39 - 7 11 39 LS. Disamping itu memiliki potensi geografis yang unik. Tiga penjuru kabupaten ini dibatasi oleh laut yaitu sebelah utara dibatasi laut Jawa sedangkan barat dan selatan dibatasi oleh selat Madura.
Pelabuhan Kamal merupakan pintu gerbang Madura dari Jawa, dimana terdapat layanan kapal ferry yang menghubungkan Madura dengan Surabaya (Pelabuhan Ujung). Saat ini telah dibangun Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) yang saat ini adalah jembatan terpanjang dan terbesar di Indonesia. Bangkalan merupakan salah satu kawasan perkembangan Surabaya serta tercakup dalam lingkup Gerbangkertosusila

BUDAYA  DAN POTENSI DAERAH
Potensi dan Budaya daerah tentu akan menjadi salah satu daya tarik sebuah daerah untuk tidak kita lewatkan. Kabupaten Bangkalan dengan letak geografis paling berdekatan dengan kota propensi Jawa Timur diantara 3 kabupaten lain di madura tentu memiliki potensi dan peluang lebih besar menikmati pertumbuhan ekonomi dibandingkan kota kota yang lain di pulau Madura. Termasuk sentuhan pembangunan infra struktur yang paling mudah mendapatkan lirikan dari pemerintah propensi. Apalagi setelah terbentangnya jembatan Nasional Suramadu. Jembatan terpanjang di pulau Jawa untuk saat ini.
bappeda kabupaten bangkalan, berita kabupaten bangkalan, budaya kabupaten bangkalan, bupati kabupaten bangkalan, bpkad kabupaten bangkalan, bpn kabupaten bangkalan, bumd kabupaten bangkalan, bakesbangpol kabupaten bangkalan, batas kabupaten bangkalan, bkn kabupaten bangkalan

Disamping infiltrasi budaya dan perkembangan ekonomi, Kabupaten Bangkalan tentu memiliki budaya lokal yang masih lestari sampai saat ini misalkan kerapan sapi, budaya membatik dll.

ipm kabupaten bangkalan, pilkades kab bangkalan jatim, jdih kabupaten bangkalan, k1 kabupaten bangkalan, k2 kabupaten bangkalan, kecamatan kabupaten bangkalan, kebudayaan kabupaten bangkalan, kode pos kabupaten bangkalan, kesenian kabupaten bangkalan, korupsi kabupaten bangkalan, kpud kabupaten bangkalan, kependudukan kabupaten bangkalan, peta kabupaten bangkalan lengkap, luas kabupaten bangkalan, logo kabupaten bangkalan madura, letak kabupaten bangkalan, kabupaten bangkalan madura, sejarah kabupaten bangkalan madura, peta kab bangkalan madura, kode pos kabupaten bangkalan madura


PRODUK UNGGULAN KAB.BANGKALAN.


Setidaknya ada 4 Jenis produk unggulan yang di publikasikan oleh pemerintah Kab.Bangkalan sebagai produk andalan kabupaten ini :

pendapatan kabupaten bangkalan, perda kabupaten bangkalan tentang pemilihan kepala desa, perbatasan kabupaten bangkalan, panwaslu kabupaten bangkalan, pdrb kabupaten bangkalan 2011, rpjmd kabupaten bangkalan, rkpd kabupaten bangkalan, simpeg kabupaten bangkalan, statistik kabupaten bangkalan, slogan kabupaten bangkalan, semboyan kabupaten bangkalan, sergur kabupaten bangkalan, sirenda kabupaten bangkalan, jumlah penduduk kabupaten bangkalan tahun 2013, dinas pendidikan kabupaten bangkalan terbaru, laporan keuangan daerah kabupaten bangkalan tahun 2011, topografi kabupaten bangkalan, umr kabupaten bangkalan, umk kabupaten bangkalan, umk kabupaten bangkalan 2015


CUPLIKAN ' KERAJINAN ' BATIK BANGKALAN " YANG UNIK DAN MENDAPAT APREASIASI PEMERINTAH RI

CENTRA BATIK TANJUNG BUMI-BANGKALAN

Batik merupakan jenis kerajinan melukis atau membuat motif gambar pada sebuah kain. Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu daerah penghasil batik dengan kwalitas tinggi. Tepatnya di kecamatan Tanjung bumi, kerajinan batik terus dilestarikan dan diproduksi dalam skala besar yang kemudian dikenal dengan nama "Batik Tanjung Bumi".

Selain dipasarkan di dalam negeri, hasil kerajinan batik Kabupaten Bangkalan juga merambah ke pasar internasional, bahkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak ketinggalan menggunakan

BATIK GENTONG BANGKALAN – TANJUNG BUMI

Batik Tanjung Bumi. Hasil kerajinan Batik Tanjung bumi diproduksi dalam beberapa kategori, harganyapun variatif, mulai dari harga 50.000 rupiah hingga jutaan rupiah.  Batik ini sangat cocok dipakai oleh pria maupun wanita. Jenis Batik Tanjung Bumi yang paling terkenal sampai ke berbagai manca negara adalah "Batik Gentongan". Jenis batik ini diproduksi dalam waktu yang cukup lama, bahkan untuk membuat satu Batik gentongan dibutuhkan waktu tigu bulan sampai lima bulan.

Info lengkap tentang profile Kab.Bangkalan bisa anda akses di situs resmi PEMDA BANGKALAN :
http://www.bangkalankab.go.id , Sampai jumpa lagi diperjalanan kabupaten berikutnya di MADURA tepatnya di Kabupaten Sampang.

Berita terkait :
-  Menyusuri Pulau Madura