Menyusuri Pulau Madura

14.50 0 Comments A+ a-

Pulau Madura, Pulau Garam, pulau wisata religi yang tak pernah sepi dengan kunjungan wisata religi dan wisata pantai. Pulau Madura memiliki potensi wisata dan pengembangan usaha kelautan dan pertambangan alam yang belum tergarap

Pulau Madura, Negeri Garam Di Indonesia

Pulau madura atau lebih populer dengan sebutan kota garam sebenarnya di Indonesia sudah tak asing lagi karena penduduk dengan etnis/suku  Madura sudah banyak menyebar di seluruh pelosok tanah air. Bila anda ke Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan seluruh daerah di Jawa Timur hampir rata akan menjumpai penduduk yang ber etnis Madura bahkan daerah lain di Nusantara akan kita jumpai etnis Madura mendiami tempat tersesebut. Suku Madura sangat banyak tersebar di Nusantara karena disamping nenek moyang mereka pelaut dan terbiasa mendatangi daerah-daerah baru, kondisi geografis pulau Madura yang cenderung kering dan berkontur batu sebagian cadas serta sempit ladang usaha memaksa penduduk madura memilih merantau dan menetap diderah yang memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

luas lahan penghasil garam Madura +- 5.340 Ha meliputi : Sumenep 1 : +- 2.620 Ha Sumenep 2 : +- 640 Ha Pamekasan : +- 980 Ha Sampang   : +- 1.100 Ha  pulau madura di provinsi jawa timur terkenal sebagai daerah penghasil, pulau madura wisata, pulau madura termasuk ke dalam provinsi, pulau madura mempunyai berapa kabupaten, pulau madura disebut juga pulau, pulau madura pdf, pulau madura oksigen, pulau madura menghasilkan apa, pulau madura island, pulau madura jawa timur

Masyarakat Madura umumnya Nelayan, Petani dan berdagang. Pertanian yang sangat diminati dari dahulu adalah tembakau dan ketela pohon. Akan tetapi seiring waktu, pertanian pangan lainnya mulai banyak diminati tetapi sangat terbatas pada tanaman padi, jagung, dan sebagian kedelai. Madura sangat populer dengan hasil laut seperti  teri kecil madura, rumput laut dan garam. Untuk popularitas hasil laut masih sangat populer sebagai penghasil garam. Penghasil garam terbesar berada di kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep dan sebagian kecil di Kabupaten Pamekasan.

Perjalanan menyusuri pulau Madura  akan kita mulai dengan mengenal PETA Pulau Madura. Apakah anda pernah ke Pulau ini ? mungkin sebagian tak mengira bahwa pulau madura merupakan gugusan pulau ( kepualauan) yang lumayan besar.


Geografi Dan Potensi Daerah.
Sebagian orang masih menganggap Madura hanya sebuah pulau kecil tanpa penduduk, mereka merasa madura hanya kampung tanpa Mall, tanpa perumahan dan tanpa budaya yang unik seperti wisata Religi yang sering dilakukan beberapa orang jawa yang datang ke Madura untuk menikmati indahnya pesona ke agamaan di pulau ini. Tulisan ini menginpirasi pertanyaan seorang mahasiswa perihal Madura yang menurut mereka semacam pulau gersang tanpa kemajuan tidak  seperti daerah daerah lain dipulau Jawa.

Pulau Madura memiliki luas 5.168 Km2 dengan gugusan pulau terbesar meliputi 4 kabupaten dan terdiri dari gugus pulau lebih kecil seperti pulau kagean, pulau gili manuk, pulau Raas, pulua gili raja, dan beberapa gugus pulau terjauh seperti kepualaun Kangean serta Masalembu. Di pulau madura tercatat setidaknya ada 127 pulau lho..!!  woww...lumayan banyak bukan..?? tentu ini sangat menarik bila anda ingin menelusuri pulau-pulau ini.

Dengan jumlah pulau yang sangat banyak, tentu memiliki banyak pinggir pantai yang sangat menarik. Akan tetapi sampai saat ini, pantai pantai yang baru menjadi distinasi wisata sangat terbatas sekali. Yang paling populer yaitu pantai Lombang dan pantai Salopeng di Kabupaten Sumenep. Kemudian yang paling dekat dengan Kota Propensi yaitu pantai Camplong di Kabupaten Sampang.



Untuk melengkapi pengenalan dan beberapa informasi penting yang mungkin ketinggalan yaitu tentang letak geografis Pulai Panas di Jawa Timur ini. Madura merupakan pulau dengan 4 kabupaten yang sangat berpotensi untuk pengembangan di Jawa Timur, guna mengetahui potensi pulau Madura maka kita harus mempelajari masing-masing kabupaten yang ada di pulau Madura,  4 kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.

Kita akan berkenalan satu persatu dengan 4 kabupaten yang ada di Pulau Madura dan kita mulai dengan mengenal kabupaten paling dekat dengan Ibu kota Jawa Timur dan menjadi salah satu pengembangan kota Surabaya yaitu : Kabupaten Bangkalan.