Agustusan Sebentar Lagi

00.04 0 Comments A+ a-

Peringatan 17 Agustus atau Agustusan

Setiap memasuki bulan Agustus fikiran saya selalu teringat derap langkah baris berbaris yang saya ikuti saat mengikuti lomba 17 Agustus. 



Lomba baris baris berbaris ini sangat populer dan sampai saat ini masih tetap bertahan walaupun saya tidak tahu manfaatnya secara langsung.

Memperingati kemerdekaan RI ini biasa kita sebut dengan istilah "Agustusan". Saat sekolah dulu, setiap pagi ada perasaan senang karena siangnya sekolah pasti pelajaran tidak tuntas karena harus latihan gerak jalan.  

Latihan di jalan desa plus bisa mencari buah asam dipinggir jalan (di desa dulu pohon asam besar besar, konon sudah ada sejak jaman Belanda,tapi sayang sudah banyak ditebang sekarang)

Asyiknya lagi saat 17-san, saat mengikuti carnaval, anak-anak berpakaian tentara, pakai baju dokter, pakaian ala pejuang, komplit deh...
Menariknya lagi, arena 17-san sangat membantu geliat perekonomian di desa, banyak pedagang menjajakan dagangannya.  bahkan jauh jauh hari nabung buat merayakan 17-san.
Tapi...!!!  kenapa ya sekarang saya kurang greget?? ingin mencari jawaban dari rasa yang dahulu ada agar timbul kembali.

Terkadang saya malah merasa bosan melalui hari hari dibulan Agustus, bisa dipastikan jalan jalan pada macet, kerumunan orang dimana mana,yang lebih bikin gregetan saat acara acara agustusan dilakukan fasilitas umum sering kali tidak difungsikan sesuai fungsinya.pengalihan jalan dimana mana bahkan ada juga yang hanya memikirkan kemeriahannya Agustusan bukan lagi nilai nilai sejarah perjuangannya.

Apalah istilahnya yang penting jangan lupa nilai nilai yang harusnya terus tetap di jaga,budaya budaya baru boleh timbul tetapi nilai nilai budaya lama jangan sampai dilupakan,tentu semua masih ingat pesan Bung Karno " JASMERAH" jangan sekali kali melupakan sejarah,karena dengan sejarah kita bisa menikmati kebebasan dan kenyamanan hari ini.