Menjadi Penyelamat Lingkungan

19.54 0 Comments A+ a-

Cara Sederhana Menjadi Penyelamat Lingkungan

" Saya mengajak masyarakat Indonesia mendukung upaya pelestarian lingkungan sama seperti WWF yang tak kenal lelah melakukan program pendidikan pelestarian secara berkesinambungan.
Anda juga dapat berpartisipasi dengan mendukung program WWF lainnya seperti Rhinocare (upaya pelestarian Badak Jawa), pelestarian Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), Sahabat hutan (forest friend ) dan dapat membantu WWF, caranya mudah klik http://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/ atau wwf-indonesia@wwf.or.id " anjuran salah tokoh pengamat dan pemerhati lingkungan.

Saya yaqin anda pun setuju untuk selalu menjaga kelangsungan dan kelestarian dunia yang kita huni ini.Bagaimana menjaganya agar lestari dan menjadi tempat hidup yang sehat dan nyaman.semua harusnya sadar bahwa dunia yang kita huni ini terdiri dari banyak komponen pendukungnya bukan kita saja yang hidup,tapi banyak mahluk lain yang mendukung hidup manusia.

Kesadaran ini harus kembali kita tumbuhkan dulu secara bersama sama,bahwa kita hidup dalam sebuah lingkaran sistem tata kehidupan yang saling membutuhkan satu sama lainnya yang biasa disebut sebakai ekosistem.Rantai kehidupan ini harus sering kita sosialisasikan pada masyarakat.

Ekosistem global

Apa sih sebenarnya ekosistem itu,yang biasanya ada pada mata pelajaran di sekolah dasar dahulu,untuk lebih menjelaskan apa itu ekosistem dan pengertiannya,mungkin beberapa pengertian dibawah ini bisa membuat kita memahami tentang pengertian ekosistem.

Sebenarnya kita saat ini pun hidup di dalam sistem ekosistem yang sangat teratur dan timbal balik,manusia saling membutuhkan satu sama lain dan mempengaruhi satu sama lain,dan sebuah kehidupan pun tercipta dengan adanya ekosistem yang begitu sempurna ini,tentunya semua ini ada yang mengatur yakni Allah SWT.

Sedangkan Pengertian Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme.Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada

Ekosistem juga dapat dikenal dalam ekologi. Ekologi berasal dari kata oikos artinya rumah dan secara luas berarti rumah tangga alam dan dari kata logos yang definisinya adalah ilmu.Jadi ekologi adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari segala sesuatu tentang rumah tangga alam atau ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya.

Ekosistem yang saling berhubungan satu sama lain membuat terjalinnya setiap kehidupan dari mulai ekosistem yang kecil ke yang besar dan adapula yang lebih kecil lagi yang membentuk menjadi berbagai macam ekosistem dan menjadi eksositem besar.

Tipe tipe Ekosistem saat ini adalah ekosistem laut ,ekosistem darat dan satunya lagi ekosistem buatan,yang kesemuanya dipenuhi kehidupan yang beragam.

Semua tuhan berikan untuk manusia

Dalam rangka menjadi salah satu bagian ekosistem dan menjadi penyelamat lingkungan yang baik di sistem global,apa peran kita saat ini yang paling penting ; berikut peran kita agar menjadi pemain ekosistem yang baik.lakukan langkah berikut agar anda membantu menyeimbangkan kebutuhan hidup agar tetap lestari..

Hemat energi

  1. Matikan semua alat elektronik saat tidak digunakan. Kerlip merah penanda standby menunjukkan alat tersebut masih menggunakan listrik. Artinya Anda terus berkontribusi pada pemanasan global.
  2. Pilihlah perlengkapan elektronik serta lampu yang hemat energi
  3. Saat matahari bersinar hindari penggunaan mesin pengering, jemur dan biarkan pakaian kering secara alami.

Hemat air

  1. Matikan keran saat sedang menggosok gigi
  2. Gunakan air bekas cucian sayuran dan buah untuk menyiram tanaman
  3. Segera perbaiki keran yang bocor – keran bocor menumpahkan air bersih hingga 13 liter air per hari
  4. Jika mungkin mandilah dengan menggunakan shower. Mandi berendam merupakan cara yang paling boros air.

Hemat kayu dan kertas

  1. Selalu gunakan kertas di kedua sisinya
  2. Gunakan kembali amplop bekas
  3. Kurangi, pakai lagi dan daur ulang (Reduce, Reuse and Recycle)
  4. Bantulah mengurangi tumpukan sampah dunia
  5. Jangan gunakan produk ‘sekali pakai’ seperti piring dan sendok kertas atau pisau, garpu dan cangkir plastik
  6. Gunakan baterai isi ulang
  7. Pilih kalkulator bertenaga surya
  8. Simpan makanan dalam wadah keramik

Demikian cara sederhana mendukung program konservasi dan menjadi Penyelamat Lingkungan dengan cara paling sederhana dari rumah kita sendiri dan menjadikan sebuah aktivitas kebiasaan setiap hari.

Kampanyekan >>> Silahkan COPAS gambar berikut dan sosialisasikan